Character Building melalui Hapkido di Sikola Mangkasara

Firman Rusliawan
Kategori Berita: Pembinaan Kursus & Pelatihan 01 November 2015 | Dibaca 1726x Diposting oleh: Firman Rusliawan

Character Building melalui Hapkido di Sikola Mangkasara

Salah satu sub-program Kemitraan BPPAUDNI Regional III tahun 2015 adalah Pembentukan Karakter melalui Hapkido yang bekerja sama dengan Yayasan Sikola Mangkasara. Hapkido adalah salah satu beladiri yang berasal dari Korea. Hapkido menekankan gerakan melingkar, pengalihan kekuatan dan kontrol dari lawan. Beladiri ini dapat menjadi sangat efektif bila digunakan dengan tepat. Pertanyaan yang muncul kemudian adalah, apa hubungannya beladiri dengan character building?

Makna dari Hapkido adalah jalan mengkoordinasikan energi atau jalan kekuatan yang terkoordinasi atau jalan harmoni. Semua tekniknya pun mengikuti tiga prinsip, yakni tidak menentang, prinsip lingkaran, dan prinsip air mengalir. Prinsip inilah yang dicoba untuk ditanamkan ke dalam karakter para "Prajurit Langit" - sebutan bagi murid di Sikola Mangkasara. "Dengan berlandaskan prinsip ini, Sikola Mangkasara mencoba membentuk generasi muda di sekitarnya untuk menjadi pribadi yang tenang, dapat menyesuaikan dengan segala situasi (adaptasi) namun tidak gentar bila menghadapi tantangan atau masalah," ungkap Sri Rahmi, Ketua Yayasan sikola Mangkasara yang juga berperan sebagai pelatih bagi para Prajurit Langit.

Dengan kegiatan ini, diharapkan generasi muda yang ada di sekitar Sikola Mangkasara memiliki harapan untuk menjalani hidup di masa depan yang lebih baik, paling tidak lebih baik dari orangtua mereka yang mayoritas berprofesi sebagai pekerja serabutan, buruh, dan tukang becak. Melalui pengalokasian anggaran program Kemitraan tahun 2015, BPPAUDNI Regional III berupaya memberikan kontribusi untuk mendukung cita-cita dari Sikola Mangkasara. (Firman)

(Sumber Berita: Firman Rusliawan)

Firman Rusliawan
Kategori Berita: Pembinaan Kursus & Pelatihan 01 November 2015 | Dibaca 1726x Diposting oleh: Firman Rusliawan

Komentar Anda

Agenda

  • Agenda
    🕔22 Juni 2020

    Bimbingan Teknis Dalam Jaringan (Bimtek Daring) bagi guru, mitra, dan Penilik PAUD.

  • Agenda
    🕔10 Juni 2020

    WEBINAR BPPAUD DAN DIikmas Sulsel "Pentingnya Protokol Kesehatan Covid 19 dalam Kebersamaan"

  • Agenda
    🕔05 Mei 2020

    Workshop Pendidik PAUD Online dengan tema "Bincang Santai I"

  • Agenda
    🕔17 Maret 2020

    Orientasi Teknis Pemetaan Mutu Satuan PAUD dan Dikmas di Sulawesi Selatan Tahun 2020

  • Agenda
    🕔24 Februari 2020

    Bimbingan Teknis Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Angkatan II bagi Satuan PAUD Tahun 2020

Selengkapnya