Tahun 2019 Pemerintah Menargetkan Akreditasi 8000 PKBM

Asmuddin
Kategori Berita: Kegiatan Internal Balai 27 Maret 2019 | Dibaca 85x Diposting oleh: Asmuddin

Tahun 2019 Pemerintah Menargetkan Akreditasi 8000 PKBM

Secara nasional, jumlah Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang telah memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan terdaftar di DAPODIK kurang lebih sekitar 10.832 lembaga. Dari jumlah tersebut, baru sekitar 5.000 an PKBM yang telah terkareditasi, jumlah tersebut termasuk status akreditasi layanan programnya. Jika yang dihitung hanya akreditasi lembaganya, sampai saat ini jumlah PKBM yang terakreditasi di seluruh Indonesia hanya mencapai 1.800 an lembaga.

Data ini dipaparkan oleh Drs. Hasan Bisri, M.Pd, Kasubdit Kelembagaan dan kemitraan Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan pada kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelola PKBM yang dilaksanakan oleh BP-PAUD dan Dikmas Sulawesi Selatan. Didampingi oleh Ibu Agustina Ernawati, M.Pd,  di hadapan 48 pengelola PKBM Pak Hasan Bisri memaparkan materi tentang Pengembangan Kelembagaan PKBM untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan.

Mengingat masih rendahnya PKBM yang terakreditasi, dalam pemaparannya, Beliau menekankan  pentingnya Akreditasi PKBM. Untuk itu, tahun 2019 pemerintah menargetkan sekitar 8.000 PKBM yang akan terakreditasi, termasuk tentunya para PKBM yang mengikuti kegiatan ini. Salah satu indikator keberhasilan pelaksanaan kegiatan ini ketika semua PKBM yang mengikuti kegiatan Bimtek terakreditasi di tahun 2019. Di tahun 2019, pelaksanaan akreditasi PKBM tidak lagi diarahkan pada akreditasi program, tapi semuanya merupakan akreditasi lembaga, kata Pak Kasubdit.

Pada kesempatan ini pula Pak Kasubdit menjelaskan tentang kebijakan program pembinaan PKBM tahun 2019, termasuk beberapa program-program bantuan yang dapat diakses oleh PKBM melalui skema pemberian bantuan maupun BOP penyelenggaraan program.

Berdasarkan keterangan Panitia Pelaksana, Bimtek ini akan berlangsung selama 4 hari dan dimulai sejak tanggal 25 s.d 28 Maret 2019. Salah satu tujuannya adalah untuk mendorong kualitas pengelolaan PKBM agar mampu memberikan layanan program sesuai Standar Nasional Pendidikan (SNP), yang pada akhirnya menjadi PKBM yang terakreditasi.

(Sumber Berita: Asmuddin)

Asmuddin
Kategori Berita: Kegiatan Internal Balai 27 Maret 2019 | Dibaca 85x Diposting oleh: Asmuddin

Komentar Anda

Agenda

  • Agenda
    🕔22 April 2019

    Orientasi Teknis Petugas Pengumpul Data dalam rangka Pemetaan Mutu Tahun 2019

  • Agenda
    🕔25 Maret 2019

    Bimbingan Teknis Kepala Satuan Pendidikan Anak Usia Dini

  • Agenda
    🕔25 Maret 2019

    Bimbingan Teknis Pengelola PKBM

  • Agenda
    🕔20 Maret 2019

    Rapat Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan Program PAUD dan Dikmas Tahun 2019

  • Agenda
    🕔11 Maret 2019

    Bimbingan Teknis Tutor Pendidikan Keaksaraan

Selengkapnya

Change Language

Sosial Media

Statistik Pengunjung