Optimisme dalam Pengembangan Model di Masa Pandemi Covid-19

Yulfien Pasapan
Kategori Berita: Kegiatan Internal Balai 16 Juni 2020 | Dibaca 195x Diposting oleh: Yulfien Pasapan

Optimisme dalam Pengembangan Model di Masa Pandemi Covid-19

Dalam situasi pandemi Covid-19, Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Sulawesi Selatan (BP-PAUD dan Dikmas Sul-Sel) tetap berkomitmen menuntaskan seluruh tahapan pengembangan model tahun 2020 sesuai jadwal, dengan harapan melahirkan model-model pendidikan anak usia dini dan pendidikan masyarakat yang bermanfaat dan berkualitas, sehingga layak terap di masyarakat.  

Sainal Abidin, salah satu anggota tim manajemen kegiatan, mengungkapkan bahwa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Kota Makassar yang mengharuskan ASN melakukan pekerjaan dari rumah (Work From Home) juga dialami oleh Tim Pengembang Model di BP-PAUD dan Dikmas Sulawesi Selatan, sehingga Seksi Pengembangan Program selaku tim manajemen kegiatan menginisiasi kegiatan laporan perkembangan (progress report) pengembangan model tahun 2020 ini via aplikasi zoom.  

"Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana perkembangan pengembangan model yang dilakukan oleh tim pengembang model yang didampingi oleh akademisi masing-masing," kata Sainal.  

Kegiatan laporan perkembangan
 pengembangan model BP-PAUD dan Dikmas Sulawesi Selatan yang diagendakan membahas dan membedah tiga belas (13) model yang dikembangkan tahun 2020 ini, telah berlangsung sejak 10 Juni 2020 dan dijadwalkan hingga 18 Juni 2020. Kegiatan ini melibatkan unsur pimpinan, akademisi, koordinator pamong belajar, tim pengembang model, serta staf seksi pengembangan program.   

Plt. Kepala BP-PAUD dan Dikmas Sulawesi Selatan, Pria Gunawan, sangat mengapresiasi kegiatan laporan perkembangan pengembangan model tahun 2020 ini.   

"Kami optimis pengembangan model pada tahun 2020 tetap akan menghasilkan model yang berkualitas dan bermanfaat bagi masyarakat/satuan pendidikan," kata Pria Gunawan.   

Optimisme Kepala Balai tersebut didasarkan pada tiga faktor. Pertama, pelaksanaan kegiatan didukung oleh kebijakan Kepala BP-PAUD dan Dikmas Sulawesi Selatan dengan memberikan peran yang signifikan kepada tim analis pelaksanaan program pengembangan PAUD dan Dikmas (Sainal Abidin dan Juwanita Sahid) sebagai reviewer untuk memberikan catatan analisis dan penambahan perspektif pada produk model di setiap tahapan pengembangan.   

Kedua, penajaman peran akademisi dalam memberikan asistensi dan pendampingan kepada tim pengembang model. Penetapan tim akademisi dilakukan lebih selektif berdasarkan keahlian dan kepakaran yang relevan dengan model yang didampingi.   

Ketiga, pelibatan pakar dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya sebagai bentuk antisipatif kondisi saat ini yang tidak memungkinkan untuk melaksanakan kegiatan berbasis lapangan, sehingga beberapa tahapan akan dilakukan dalam bentuk uji/validasi pakar.


(Sumber Berita: Sainal Abidin)

Yulfien Pasapan
Kategori Berita: Kegiatan Internal Balai 16 Juni 2020 | Dibaca 195x Diposting oleh: Yulfien Pasapan

Komentar Anda

Agenda

  • Agenda
    🕔22 Juni 2020

    Bimbingan Teknis Dalam Jaringan (Bimtek Daring) bagi guru, mitra, dan Penilik PAUD.

  • Agenda
    🕔10 Juni 2020

    WEBINAR BPPAUD DAN DIikmas Sulsel "Pentingnya Protokol Kesehatan Covid 19 dalam Kebersamaan"

  • Agenda
    🕔05 Mei 2020

    Workshop Pendidik PAUD Online dengan tema "Bincang Santai I"

  • Agenda
    🕔17 Maret 2020

    Orientasi Teknis Pemetaan Mutu Satuan PAUD dan Dikmas di Sulawesi Selatan Tahun 2020

  • Agenda
    🕔24 Februari 2020

    Bimbingan Teknis Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Angkatan II bagi Satuan PAUD Tahun 2020

Selengkapnya