Kemendikbud Gelar Hari Aksara Internasional ke-54 di Makassar

Idham Dwiguna
Kategori Berita: Kegiatan Internal Balai 29 Agustus 2019 | Dibaca 391x Diposting oleh: Idham Dwiguna

Kemendikbud Gelar Hari Aksara Internasional ke-54 di Makassar

Jakarta, Kemendikbud --- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) siap menggelar rangkaian kegiatan peringatan Hari Aksara Internasional (HAI) ke-54, tanggal 5 hingga 8 September 2019. Puncak peringatan HAI akan diselenggarakan, tanggal 7 September 2019, di Lapangan Karebosi, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.  

 Puncak peringatan HAI diselenggarakan sebagai wujud komitmen Indonesia dalam pengentasan buta aksara dan melaksanakan komitmen internasional yang ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).  

 Selanjutnya, United Nations Educational, Scientific, dan Cultural Organization (UNESCO) menetapkan tanggal 8 September sebagai Hari Aksara Internasional.

''Dengan kita memperingati Hari Aksara Internasional dapat memperkuat komitmen seluruh pemangku kepentingan pendidikan, baik tingkat pusat, provinsi, maupun kabupaten/ kota dalam penuntasan buta aksara,'' terang Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, Harris Iskandar, dalam jumpa pers Persiapan Peringatan HAI ke-54, di kantor Kemendikbud, Jakarta, Kamis (29/08).  

 Tema HAI ke-54 yang diusung ONESCO adalah ''Literacy and Multilingualism''. Mengacu pada tema tersebut, Kemendikbud menetapkan tema nasional peringatan HAI tahun ini adalah ''Ragam Budaya Lokal dan Literasi Masyarakat''. Dengan tema ini, kita berharap program pendidikan keaksaraan dapat memanfaatkan peluang dari keberagaman budaya dan bahasa,'' tutur Dirjen Harris.  

 Dalam peringatan HAI, kata Dirjen Harris, Kemendikbud juga menyosialisasikan kebijakan dan program percepatan penuntasan buta aksara di Indonesia melalui program Gerakan Literasi Nasional.

''Melalui momentum ini juga sebagai upaya kita mendukung UNESCO mengingatkan kembali konsensus negara-negara yang tergabung dalam UNESCO agar melakukan aksi nyata dalam memerangi kebodohan, keterbelakangan, dan kemiskinan melalui penuntasan buta aksara dan pemberdayaan masyarakat untuk memajukan peradaban dunia,'' jelasnya.  

Rangkaian kegiatan HAI ke-54 terdiri dari Festival Literasi Indonesia, pameran produk unggulan PAUD dan Dikmas, temu evaluasi pelaksanaan Program Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan, workshop pendidikan keaksaraan komunitas adat terpencil/ khusus, bimbingan teknis pendidikan berkelanjutan, workshop percepatan satuan pendidikan nonformal terakreditasi, dan pameran pendidikan dan kebudayaan.  

Pada puncak peringatan HAI akan diberikan penghargaan kepada berbagai pihak yang telah berkonstribusi dalam bidang keaksaraan, antara lain, anugerah aksara bagi pemerintah kabupaten/ kota, anugerah aksara bagi pegiat keaksaraan, penghargaan tokoh komunitas adat terpencil/ khusus, penghargaan TBM kreatif/ rekreatif, penghargaan keberaksaraan bagi peserta didik keaksaraan dasar, dan penghargaan keberaksaraan bagi peserta didik keaksaraan usaha mandiri.  

Akan diberikan jugapenghargaan kepada pegiat perempuan, penghargaan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), penghargaan kelembagaan Sanggar Kegiatan Belajar, penghargaan publikasi video keaksaraan, penghargaan publikasi keaksaraan di media cetak dan daring, lomba video dan foto literasi masyarakat, penghargaan peserta didik kursus dan pelatihan, penghargaan lembaga kursus dan pelatihan berprestasi, penghargaan mitra peduli PAUD dan Dikmas kategori DUDI/BUMN, penghargaan mitra peduli PAUD dan DIKMAS kategori ormas/ yayasan.  

 Terdapat enam kabupaten dan satu kota yang akan mendapat anugerah di puncak peringatan HAI ke-54, yakni Kota Balikpapan, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Kabupaten Lombok Barat, Kabupaten Lombok Tengah, Kabupaten Bone, Kabupaten Timor Tengah Selatan, dan Kabupaten Tangerang.(IT).
(Sumber Berita: Irwan Tando)

Idham Dwiguna
Kategori Berita: Kegiatan Internal Balai 29 Agustus 2019 | Dibaca 391x Diposting oleh: Idham Dwiguna

Komentar Anda

Agenda

  • Agenda
    🕔23 Juli 2019

    Bimbingan Teknis Pamong Belajar SPNF-SKB Tahun 2019

  • Agenda
    🕔30 April 2019

    Focus Group Discussion (FGD) Validasi Draft Pengembangan Model Pembinaan Kursus dan Pelatihan Tahun 2019

  • Agenda
    🕔22 April 2019

    Orientasi Teknis Petugas Pengumpul Data dalam rangka Pemetaan Mutu Tahun 2019

  • Agenda
    🕔25 Maret 2019

    Bimbingan Teknis Kepala Satuan Pendidikan Anak Usia Dini

  • Agenda
    🕔25 Maret 2019

    Bimbingan Teknis Pengelola PKBM

Selengkapnya

Change Language

Sosial Media

Statistik Pengunjung