Dirjen PAUD dan Dikmas Buka Diklat Saka dan PKBM

Rusdy Embas
Kategori Berita: Kegiatan Internal Balai 09 April 2018 | Dibaca 271x Diposting oleh: Rusdy Embas

Dirjen PAUD dan Dikmas Buka Diklat Saka dan PKBM

Dirjen PAUD dan Dikmas, Harris Iskandar, yang juga Ketua Pimpinan Saka Widya Budaya Bakti membuka Diklat Pengelola Satuan Karya Widya Budaya Bakti dan Manajemen Pengelolaan PKBM, Senin (9/4/2018).

Diklat yang berlangsung di Aula Angin Mammiri BP-PAUD dan Dikmas Sulawesi Selatan ini diikuti 80 peserta yang terdiri dari PKBM 40 peserta dan Saka 40 peserta.

Harris Iskandar dalam sambutannya mengaku, terkesan dengan kegiatan kepramukaan karena mengandung pelajaran yang sangat berharga dalam hal survival.  Hanya berbekal sekantong beras saja misalnya, sudah bisa bertahan hidup dimana saja.

Dalam kegiatan pramuka, lanjut Harris Iskandar, diajarkan pendidikan watak atau karakter dan nilai-nilai moral kepada generasi muda. Sekaligus berfungsi menyalurkan minat/ bakat, menambah pengalaman seseorang dalam banyak hal di berbagai ilmu dan teknologi serta keterampilan.

"Kegiatan pramuka, menjadi sarana yang efektif untuk menumbuhkan dan mengembangkan karakter serta kompetensi dalam berbagai sisi," kata Harris Iskandar.

Pendidikan karakter, katanya, sejalan dengan misi kementerian pendidikan yang ingin mewujudkan insan yang cerdas. Melalui pendidikan karakter, bisa menghindarkan seseorang dari prilaku koruptif, dekadensi moral, dan penyalahgunaan narkotika.

"Itu salah satu kunci keberhasilan menghadapi abad 21," kata Harris Iskandar.

Pendidikan karakter tidak hanya satu sisi, tetapi dalam banyak hal. Terkait dengan soal moral misalnya, pendidikan karakter meliputi ketakwaan, gemar melakukan sesuatu yang bermanfaat, jujur, integritas, hormat, dan cinta tanah air.

Dalam kaitan dengan kinerja, pendidikan karakter akan membuat seseorang tekun, disiplin, bertanggung jawab, memiliki etos kerja, tahan banting, bisa bekerjasama dan memiliki sifat gotong-royong. (Rusdy)


(Sumber Berita: Rusdy Embas)

Rusdy Embas
Kategori Berita: Kegiatan Internal Balai 09 April 2018 | Dibaca 271x Diposting oleh: Rusdy Embas

Komentar Anda

Agenda

  • Agenda
    🕔20 Maret 2019

    Rapat Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan Program PAUD dan Dikmas Tahun 2019

  • Agenda
    🕔11 Maret 2019

    Bimbingan Teknis Tutor Pendidikan Keaksaraan

  • Agenda
    🕔25 Februari 2019

    Bimbingan Teknis Implementasi Pendidikan PAUD Pada Satuan Pendidikan

  • Agenda
    🕔25 Februari 2019

    Bimbingan Teknis Implementasi Pendidikan Keluarga Pada Satuan Pendidikan

  • Agenda
    🕔20 Desember 2018

    FGD bagi Pendamping Program Paket C Binaan SPNF SKB dan PKBM

Selengkapnya

Change Language

Sosial Media

Statistik Pengunjung