Dirjen Buka Rakor BP-PAUD dan Dikmas Sulsel 2018

Rusdy Embas
Kategori Berita: Kegiatan Internal Balai 10 April 2018 | Dibaca 486x Diposting oleh: Rusdy Embas

Dirjen Buka Rakor BP-PAUD dan Dikmas Sulsel 2018

Dirjen PAUD dan Dikmas diwakili Kabag Perencanaan dan Penganggaran, Agus Pranowo, membuka Rakor Peningkatan Peran Daerah dalam Penguatan Program  PAUD dan Dikmas di Sulawesi Selatan.

Rakor yang akan berlangsung dari Selasa hingga Rabu (10-12/4/2018), di Aula Angin Mammiri BP-PAUD dan Dikmas Sulawesi Selatan itu diikuti 50 peserta yang terdiri; Kabid PNF Dinas Pendidikan di Kabupaten dan Kota, Satuan Pendidikan Nonformal, Forum PKBM, HIPKI Sulsel, dan Himpaudi Sulsel.

Agus Pranowo ketika membuka rakor menyampaikan kebijakan PAUD dan Dikmas tahun 2018, yakni; memperluas akses terhadap program PAUD dan Dikmas, memperkuat mutu satuan PAUD dan Dikmas yang terkreditasi, mandiri, dan berdaya saing.

Meng-upgrade proram PAUD dan Dikmas sesuai perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan kearifan lokal. Mempererat hubungan kerjasama pemerintah pusat dengan pemerintah daerah dan pemangku kepentingan, serta mempertahankan wilayah bebas dari korupsi dan terus meningkatkan tata kelola yang akuntabel dan transparan.

Agus Pranowo mengatakan, ke depan, bangunan gedung-gedung SKB akan direhabilitasi.  Itu masuk dalam perencanaan. Begitu pula dengan satuan pendidikan lainnya seperti PKBM dan UPT.

Itu dilakukan, lanjut Agus Pranowo, untuk membuat setiap SKB menjadi mandiri, berdaya saing, dan mampu memberi manfaat yang lebih besar kepada publik.

Untuk mengembangkan PAUD di masa datang, kata Agus Pranowo, pemerintah terus mendorong daerah untuk mewujudkan satu desa satu PAUD, mendorong kabupaten/kota mencanangkan gerakan wajib PAUD satu tahun dan pra-sekolah dasar. Selain itu, diupayakan pula memperluas penyelenggaraan PAUD holistik integratif, dan meningkatkan kompetensi pendidik PAUD.

Sedangkan tantangan yang dihadapi pendidikan keluarga menurut Agus Pranowo adalah, memperkuat peran keluarga dalam mendukung penguatan pendidikan karakter anak, memperluas layanan pendidikan keluarga melalui berbagai satuan pendidikan maupun lembaga masyarakat.

Meningkatkan prevalensi stunting, pencegahan HIV/AIDS dan penggunaan narkoba melalui pendidikan keluarga, serta memperkuat ekosistem pendidikan keluarga dalam satuan-satuan pendidikan. *** 


(Sumber Berita: Rusdy Embas)

Rusdy Embas
Kategori Berita: Kegiatan Internal Balai 10 April 2018 | Dibaca 486x Diposting oleh: Rusdy Embas

Komentar Anda

Agenda

  • Agenda
    🕔27 Agustus 2018

    Bimbingan Teknis Penjaminan Mutu Satuan Pendidikan Non Formal Sanggar Kegiatan Belajar (SPNF SKB)

  • Agenda
    🕔30 Juli 2018

    FGD Orientasi Supervisi Satuan PAUD dan Dikmas

  • Agenda
    🕔07 Mei 2018

    Diklat Peningkatan Kompetensi Penilik

  • Agenda
    🕔07 Mei 2018

    Diklat Manajemen Pengelolaan LKP

  • Agenda
    🕔10 April 2018

    Rapat Koordinasi (Rakor) Kabupaten Kota Tahun 2018

Selengkapnya

Change Language

Sosial Media

Statistik Pengunjung