Pengembangan Model Kolaborasi Satuan Pendidikan dengan Orangtua dan Masyarakat

Yulfien Pasapan
Kategori Berita: Artikel PAUDNI 13 Maret 2016 | Dibaca 513x Diposting oleh: Yulfien Pasapan
Masih banyak kenyataan yang terjadi di masyarakat adanya orangtua yang masih mempunyai pola pikir bahwa pendidikan itu sepenuhnya tanggungjawab pihak lembaga pendidikan saja. Seringkali orangtua menumpu harapan terlalu tinggi pada lembaga pendidikan, sehingga banyak orangtua yang berani membayar mahal biaya pendidikan anaknya. Di sisi lain, tidak sedikit orangtua yang menuntut lembaga pendidikan harus berbuat seperti yang dikehendaki dan kecewa jika hasil pendidikan di lembaga tersebut tidak sesuai dengan harapannya. Fenomena keliru ini harus segera diluruskan agar tanggungjawab tinggi muncul dalam keluarga sehingga keluarga, khususnya ibu dan ayah juga berperan sebagai pendidik di rumah. Banyaknya program dan pendidikan di sekolah yang tidak sejalan dengan pola asuh orang tua di rumah menunjukan masih lemahnya pengetahuan dan pemahaman orang tua dalam mendidik anak.

Dukungan pemerintah terhadap pendidikan keluarga ini sudah sangat jelas, dengan adanya:
(1) Undang-undang No 20/2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional yang juga membahas tentang pendidikan informal. (2) Undang-undang No 23/2002, tentang Perlindungan Anak (3) Konvensi Anak Sedunia. Dengan demikian, kerjasama semua pihak, baik lembaga pendidikan, orang tua (keluarga), masyarakat dan pemerintah sangat diperlukan untuk pencapaian tujuan pendidikan terutama pada anak usia dini, dapat dioptimalkan.

Sebagai upaya memperkuat kolaborasi ini, sesuai struktur baru Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang tercantum di Permendikbud nomor 11 tahun 2015 ini, maka dibentuklah unit kerja pembinaan pendidikan keluarga di bawah naungan Direktorat Jenderal PAUD dan Dikmas... (Selengkapnya dapat di Download)

(Sumber Berita: Jamaluddin, S.Kom, M.Pd (Pamong Belajar BP PAUD dan Dikmas SulSel))

[ Download Artikel ]

Yulfien Pasapan
Kategori Berita: Artikel PAUDNI 13 Maret 2016 | Dibaca 513x Diposting oleh: Yulfien Pasapan

Komentar Anda

Agenda

  • Agenda
    🕔27 Agustus 2018

    Bimbingan Teknis Penjaminan Mutu Satuan Pendidikan Non Formal Sanggar Kegiatan Belajar (SPNF SKB)

  • Agenda
    🕔30 Juli 2018

    FGD Orientasi Supervisi Satuan PAUD dan Dikmas

  • Agenda
    🕔07 Mei 2018

    Diklat Peningkatan Kompetensi Penilik

  • Agenda
    🕔07 Mei 2018

    Diklat Manajemen Pengelolaan LKP

  • Agenda
    🕔10 April 2018

    Rapat Koordinasi (Rakor) Kabupaten Kota Tahun 2018

Selengkapnya

Change Language

Sosial Media

Statistik Pengunjung