Efektifitas Pembelajaran Model Integrasi Pedagogi Andragogi dalam Pendidikan Kecakapan Hidup Pada Lembaga Pendidikan Nonformal

Yulfien Pasapan
Kategori Berita: Artikel PAUDNI 13 Maret 2016 | Dibaca 342x Diposting oleh: Yulfien Pasapan
Berdasarkan Pasal 26 Undang-Undang N0. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menjelaskan bahwa Pendidikan nonformal diselenggarakan bagi warga masyarakat yang memerlukan layanan pendidikan dan berfungsi sebagai pengganti, penambah, atau pelengkap pendidikan formal dalam rangka mendukung pendidikan sepanjang hayat. Lebih lanjut pada ayat 2 ditegaskan bahwa Pendidikan nonformal berfungsi mengembangkan potensi peserta didik dengan penekanan pada penguasaan pengetahuan dan keterampilan fungsional serta pengembangan sikap dan kepribadian profesional.

Pembelajaran dengan pendekatan pedagogi dan andragogi dikonstruksi berdasarkan teori Konvergensi. William Louis Stern  dalam (Sarlito at. Al, 2009:168) menyatakan bahwa pembentukan atau perkembangan kepribadian seseorang ditentukan oleh faktor pembawaan dan juga faktor lingkungan di sekitarnya. Andragogi merupakan model asumsi yang lain mengenai pembelajaran yang dapat digunakan di samping model asumsi pedagogi, hal ini berguna apabila tidak dilihat sebagai dikhotomi, tetapi.....(Selengkapnya dapat di Download)


(Sumber Berita: )

[ Download Artikel ]

Yulfien Pasapan
Kategori Berita: Artikel PAUDNI 13 Maret 2016 | Dibaca 342x Diposting oleh: Yulfien Pasapan

Komentar Anda

Agenda

  • Agenda
    🕔27 Agustus 2018

    Bimbingan Teknis Penjaminan Mutu Satuan Pendidikan Non Formal Sanggar Kegiatan Belajar (SPNF SKB)

  • Agenda
    🕔30 Juli 2018

    FGD Orientasi Supervisi Satuan PAUD dan Dikmas

  • Agenda
    🕔07 Mei 2018

    Diklat Peningkatan Kompetensi Penilik

  • Agenda
    🕔07 Mei 2018

    Diklat Manajemen Pengelolaan LKP

  • Agenda
    🕔10 April 2018

    Rapat Koordinasi (Rakor) Kabupaten Kota Tahun 2018

Selengkapnya

Change Language

Sosial Media

Statistik Pengunjung